Pembelajaran Tematik di jenjang Sekolah Dasar (SD) dirancang untuk memberikan pengalaman belajar yang holistik dan terintegrasi kepada siswa. Melalui tema-tema yang relevan dengan kehidupan sehari-hari, siswa diajak untuk memahami berbagai konsep dari berbagai mata pelajaran yang saling terkait. Subtema 3 dalam tema tertentu seringkali menjadi puncak dari serangkaian pembelajaran yang telah diberikan, menguji pemahaman siswa terhadap berbagai aspek yang telah dibahas.

Ulangan harian merupakan salah satu instrumen evaluasi yang krusial untuk mengukur sejauh mana siswa telah menyerap materi. Khususnya pada jenjang kelas 4 SD, ulangan harian yang dirancang dengan baik akan memberikan gambaran yang akurat tentang kekuatan dan kelemahan siswa, sekaligus menjadi bahan evaluasi bagi guru untuk memperbaiki metode pengajaran. Artikel ini akan menyajikan kumpulan contoh soal ulangan harian kelas 4 SD Tematik Subtema 3 yang komprehensif, mencakup berbagai tipe soal dan mengacu pada berbagai mata pelajaran yang terintegrasi dalam subtema tersebut.

Pentingnya Ulangan Harian yang Terstruktur pada Subtema 3

Subtema 3 seringkali berfokus pada aplikasi konsep, pemecahan masalah, atau eksplorasi lebih dalam dari materi yang telah diperkenalkan di subtema sebelumnya. Oleh karena itu, soal-soal ulangan harian untuk subtema ini harus dirancang untuk:

    Asah Pemahaman Siswa: Kumpulan Soal Ulangan Harian Kelas 4 SD Tematik Subtema 3 yang Komprehensif

  • Mengukur Pemahaman Konsep: Memastikan siswa tidak hanya menghafal, tetapi benar-benar memahami makna dan penerapan konsep yang diajarkan.
  • Mengevaluasi Kemampuan Analisis dan Sintesis: Mendorong siswa untuk menghubungkan informasi dari berbagai sumber dan menarik kesimpulan.
  • Menguji Keterampilan Praktis: Terutama pada mata pelajaran seperti IPA, Matematika, atau SBdP, soal-soal harus mencerminkan aplikasi praktis dari pengetahuan.
  • Mendorong Keterampilan Berbahasa: Soal-soal yang melibatkan membaca, menulis, dan menjelaskan dapat mengukur kemampuan komunikasi siswa.
  • Menilai Sikap dan Nilai: Beberapa soal dapat dirancang untuk mengeksplorasi pemahaman siswa terhadap nilai-nilai moral, sosial, dan lingkungan.

Contoh Kumpulan Soal Ulangan Harian Kelas 4 SD Tematik Subtema 3

Untuk memberikan gambaran yang lebih konkret, mari kita bayangkan sebuah tema umum yang sering dijumpai di kelas 4 SD, misalnya "Indahnya Kebersamaan" dengan fokus pada keragaman budaya Indonesia. Dalam tema ini, Subtema 3 dapat berfokus pada "Pesta Rakyat dan Kebudayaan Daerah."

Berikut adalah contoh kumpulan soal ulangan harian yang mencakup berbagai mata pelajaran yang terintegrasi dalam subtema tersebut:

Nama: …………………………………….
Kelas: 4 (Empat)
Hari/Tanggal: …………………………………….

ULANGAN HARIAN TEMATIK KELAS 4 SD
TEMA: Indahnya Kebersamaan
SUBTEMA 3: Pesta Rakyat dan Kebudayaan Daerah

Pilihlah jawaban yang paling tepat dengan memberi tanda silang (X) pada huruf a, b, c, atau d!

Mata Pelajaran: Bahasa Indonesia

  1. Salah satu bentuk pesta rakyat yang sering diadakan untuk merayakan hasil panen adalah…
    a. Upacara bendera
    b. Lebaran ketupat
    c. Kenduri laut
    d. Festival budaya

  2. Bacalah paragraf berikut!
    "Setiap daerah di Indonesia memiliki tradisi unik dalam merayakan hari-hari besar. Di Jawa Barat, ada upacara Ngarot yang diiringi kesenian rampak kendang. Sementara itu, di Sumatra Utara, masyarakat Batak merayakan Pesta Bone yang penuh dengan tarian dan nyanyian."
    Apa makna kata "tradisi" dalam paragraf tersebut?
    a. Kebiasaan yang dilakukan secara turun-temurun
    b. Perayaan besar yang diadakan setahun sekali
    c. Kesenian daerah yang sangat terkenal
    d. Makanan khas suatu daerah

  3. Tujuan utama diadakannya pesta rakyat adalah untuk…
    a. Mengumpulkan uang
    b. Menjalin kebersamaan dan melestarikan budaya
    c. Memperkenalkan produk-produk lokal
    d. Mengundang wisatawan asing

  4. Saat membaca sebuah teks tentang pesta rakyat, bagian yang menjelaskan jalannya acara secara runtut disebut…
    a. Pendahuluan
    b. Isi
    c. Simpulan
    d. Urutan peristiwa

  5. Bacalah kalimat berikut!
    "Tarian Saman dari Aceh menampilkan gerakan yang cepat dan kompak, para penarinya duduk berbanjar sambil bernyanyi dan bertepuk tangan."
    Kalimat tersebut menggunakan pola kalimat…
    a. Subjek – Predikat – Objek
    b. Subjek – Predikat – Keterangan
    c. Objek – Predikat – Subjek
    d. Predikat – Subjek – Objek

READ  Ubah word to jpg

Isilah titik-titik di bawah ini dengan jawaban yang tepat!

  1. Pesta Dadung Awuk di Bali biasanya diadakan sebagai ungkapan rasa syukur atas panen …………………………………….
  2. Teks yang berisi penjelasan tentang suatu peristiwa atau kegiatan secara rinci disebut teks …………………………………….
  3. Salah satu contoh kesenian tradisional yang berasal dari Jawa Tengah dan sering ditampilkan saat pesta rakyat adalah …………………………………….
  4. Saat menceritakan kembali isi sebuah teks, kita harus menggunakan bahasa yang ……………………………………. dan mudah dipahami.
  5. Membantu persiapan pesta rakyat di lingkungan sekitar merupakan salah satu bentuk sikap ……………………………………. terhadap budaya daerah.

Mata Pelajaran: Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)

  1. Pesta rakyat seringkali menampilkan berbagai macam makanan khas daerah. Makanan tersebut merupakan hasil dari olahan sumber daya alam yang berasal dari…
    a. Industri pabrik
    b. Pertanian dan perkebunan
    c. Hasil tambang
    d. Limbah elektronik

  2. Saat pesta rakyat, seringkali ada pertunjukan yang menggunakan alat musik tradisional. Contoh alat musik tiup tradisional Indonesia adalah…
    a. Gendang
    b. Suling
    c. Gitar
    d. Rebana

  3. Mengamati proses pembuatan makanan khas daerah yang dijual di pesta rakyat merupakan kegiatan ilmiah yang bertujuan untuk memahami…
    a. Sejarah makanan
    b. Bahan-bahan dan cara pengolahan
    c. Harga jual makanan
    d. Kualitas kemasan makanan

  4. Salah satu manfaat keberagaman kesenian yang ditampilkan di pesta rakyat adalah…
    a. Meningkatkan polusi suara
    b. Memperkaya khazanah budaya bangsa
    c. Membutuhkan biaya produksi yang mahal
    d. Menimbulkan persaingan antar daerah

  5. Ketika kita mengonsumsi makanan khas daerah yang dijual di pesta rakyat, kita perlu memperhatikan…
    a. Kuantitas makanan
    b. Kebersihan dan kehalalan makanan
    c. Merk makanan
    d. Ukuran porsi makanan

Isilah titik-titik di bawah ini dengan jawaban yang tepat!

  1. Alat musik tradisional seperti gamelan menggunakan prinsip getaran dari benda padat untuk menghasilkan …………………………………….
  2. Energi panas yang digunakan untuk memasak makanan khas daerah dapat berasal dari kompor gas atau …………………………………….
  3. Menjaga kebersihan lingkungan sekitar tempat pesta rakyat diadakan penting untuk mencegah penyebaran …………………………………….
  4. Keragaman flora dan fauna di suatu daerah menjadi sumber inspirasi bagi para seniman untuk menciptakan motif ……………………………………. pada pakaian adat.
  5. Jika ada pengunjung yang tidak sengaja menjatuhkan sampah saat pesta rakyat, kita sebaiknya ……………………………………. dan mengingatkannya untuk membuang sampah pada tempatnya.

Mata Pelajaran: Matematika

  1. Di sebuah stan makanan tradisional, terdapat 150 porsi nasi goreng yang siap dijual. Jika setiap porsi dijual seharga Rp 10.000,00, berapa total pendapatan dari penjualan nasi goreng tersebut?
    a. Rp 1.500.000,00
    b. Rp 15.000.000,00
    c. Rp 150.000,00
    d. Rp 1.050.000,00

  2. Sebuah kelompok penari memerlukan 3 meter kain untuk membuat satu pasang kostum. Jika ada 8 pasang kostum yang akan dibuat, berapa total kain yang dibutuhkan?
    a. 11 meter
    b. 24 meter
    c. 16 meter
    d. 38 meter

  3. Dalam sebuah festival kuliner, ada 5 stan yang masing-masing menjual 4 jenis kue tradisional. Berapa total jenis kue tradisional yang dijual di festival tersebut?
    a. 9 jenis
    b. 20 jenis
    c. 1 jenis
    d. 25 jenis

  4. Sebuah stan kerajinan menjual kalung dengan harga Rp 25.000,00 per buah. Jika seorang pembeli membeli 3 buah kalung, berapa total yang harus dibayarnya?
    a. Rp 50.000,00
    b. Rp 75.000,00
    c. Rp 80.000,00
    d. Rp 100.000,00

  5. Di sebuah panggung pertunjukan, terdapat 7 baris kursi. Setiap baris memiliki 12 kursi. Berapa total kursi yang ada di panggung tersebut?
    a. 19 kursi
    b. 72 kursi
    c. 84 kursi
    d. 96 kursi

READ  Kependidikan.com soal tema 8 kelas 4

Isilah titik-titik di bawah ini dengan jawaban yang tepat!

  1. Jika sebuah stan menjual minuman dengan harga Rp 5.000,00 per gelas dan sudah terjual 120 gelas, maka total pendapatan dari minuman tersebut adalah Rp …………………………………….
  2. Seorang pengrajin membuat ukiran kayu. Jika ia dapat menyelesaikan 2 ukiran dalam waktu 3 hari, maka rata-rata ia menyelesaikan ……………………………………. ukiran per hari.
  3. Dalam sebuah pertunjukan tari, ada 4 kelompok penari yang masing-masing terdiri dari 15 penari. Jumlah total penari yang tampil adalah ……………………………………. orang.
  4. Jika harga tiket masuk sebuah pesta rakyat adalah Rp 7.500,00 dan ada 200 pengunjung yang datang, maka total uang masuk yang diperoleh adalah Rp …………………………………….
  5. Sebuah stan makanan memproduksi 250 kue lapis. Jika setiap 10 kue lapis dikemas dalam satu kotak, maka dibutuhkan ……………………………………. kotak untuk mengemas seluruh kue lapis tersebut.

Mata Pelajaran: Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)

  1. Keberagaman budaya yang ditampilkan dalam pesta rakyat mencerminkan kekayaan bangsa Indonesia. Hal ini sesuai dengan semboyan negara kita, yaitu…
    a. Pancasila
    b. Bhinneka Tunggal Ika
    c. Merdeka
    d. Gotong Royong

  2. Salah satu bentuk kerja sama yang sering terlihat dalam persiapan dan pelaksanaan pesta rakyat adalah…
    a. Individualisme
    b. Egoisme
    c. Gotong royong
    d. Persaingan

  3. Mengunjungi pesta rakyat dari berbagai daerah dapat memperluas wawasan kita tentang…
    a. Budaya asing
    b. Sejarah perang
    c. Kebiasaan dan tradisi suku bangsa lain
    d. Teknologi modern

  4. Pesta rakyat merupakan salah satu sarana untuk melestarikan…
    a. Budaya asing
    b. Permainan modern
    c. Budaya daerah dan tradisi nenek moyang
    d. Gaya hidup konsumtif

  5. Contoh sikap menghargai budaya daerah lain saat mengunjungi pesta rakyat adalah…
    a. Mengejek kesenian daerah lain
    b. Berpartisipasi aktif dalam kegiatan yang positif
    c. Merusak fasilitas yang ada
    d. Mengabaikan adat istiadat setempat

Isilah titik-titik di bawah ini dengan jawaban yang tepat!

  1. Pesta rakyat yang meriah seringkali menampilkan berbagai macam ……………………………………. khas dari daerah tersebut.
  2. Suku Batak di Sumatra Utara memiliki upacara adat yang terkenal dengan nama …………………………………….
  3. Sikap menghargai perbedaan suku, agama, dan budaya adalah wujud dari kehidupan yang …………………………………….
  4. Pesta rakyat tidak hanya menjadi ajang hiburan, tetapi juga dapat menjadi sumber ……………………………………. bagi masyarakat setempat.
  5. Keragaman budaya Indonesia adalah anugerah yang patut kita ……………………………………. dan lestarikan.
READ  Contoh soal ipa sd kelas 4 filetype doc

Mata Pelajaran: Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)

  1. Pesta rakyat yang menampilkan berbagai kebudayaan daerah mengajarkan kita tentang pentingnya…
    a. Perpecahan
    b. Persatuan dan kesatuan
    c. Individualisme
    d. Konfrontasi

  2. Dalam sebuah pesta rakyat, semua warga negara berhak untuk menikmati dan berpartisipasi dalam kegiatan tersebut tanpa memandang suku atau asal daerahnya. Hal ini sesuai dengan prinsip…
    a. Keadilan
    b. Persamaan hak
    c. Kemerdekaan
    d. Demokrasi

  3. Menjaga ketertiban dan kebersihan saat mengikuti pesta rakyat merupakan salah satu kewajiban sebagai warga negara yang baik. Hal ini menunjukkan sikap…
    a. Apatis
    b. Bertanggung jawab
    c. Cuek
    d. Individualis

  4. Pesta rakyat seringkali melibatkan berbagai elemen masyarakat, seperti panitia, pedagang, penampil, dan pengunjung. Kerjasama antar elemen ini mencerminkan nilai…
    a. Kedaulatan
    b. Musyawarah
    c. Kemanusiaan
    d. Keadilan sosial

  5. Melihat berbagai kesenian daerah dari berbagai suku bangsa di Indonesia dapat menumbuhkan rasa…
    a. Bangga menjadi bangsa Indonesia
    b. Cemas terhadap perbedaan
    c. Acuh tak acuh
    d. Terasing

Isilah titik-titik di bawah ini dengan jawaban yang tepat!

  1. Pesta rakyat yang menampilkan keragaman budaya adalah cerminan dari nilai ……………………………………. dalam Bhinneka Tunggal Ika.
  2. Setiap warga negara memiliki hak untuk menikmati dan berpartisipasi dalam kegiatan kebudayaan, termasuk pesta rakyat, sesuai dengan …………………………………….
  3. Menjaga kerukunan antar sesama saat berada di tempat umum seperti pesta rakyat adalah penting untuk menciptakan suasana yang …………………………………….
  4. Sikap mau membantu sesama dalam persiapan pesta rakyat menunjukkan pengamalan nilai …………………………………….
  5. Melestarikan kebudayaan daerah melalui pesta rakyat adalah salah satu bentuk cinta tanah …………………………………….

Kunci Jawaban

(Disediakan terpisah atau setelah soal agar siswa dapat mencoba terlebih dahulu)

Penutup dan Evaluasi Lebih Lanjut

Kumpulan soal di atas hanyalah contoh dan dapat disesuaikan dengan materi spesifik yang telah diajarkan dalam Subtema 3 di sekolah Anda. Guru dapat memvariasikan tipe soal, misalnya menambahkan soal esai singkat untuk menguji kemampuan analisis yang lebih mendalam, atau soal menjodohkan untuk menguji pemahaman kosakata.

Setelah ulangan harian dilaksanakan, sangat penting bagi guru untuk melakukan evaluasi menyeluruh. Analisis hasil ulangan akan membantu mengidentifikasi topik-topik yang masih sulit dipahami oleh sebagian besar siswa. Berdasarkan analisis ini, guru dapat merencanakan remedial bagi siswa yang belum mencapai ketuntasan belajar atau pengayaan bagi siswa yang sudah menguasai materi.

Dengan menyediakan soal ulangan harian yang bervariasi dan relevan, guru tidak hanya mengukur pemahaman siswa, tetapi juga memberikan kesempatan bagi siswa untuk menunjukkan kemampuannya secara optimal dan terus berkembang dalam pembelajaran Tematik.

Catatan:

  • Jumlah kata dalam artikel ini adalah perkiraan dan bisa bervariasi tergantung pada detail penjelasan dan variasi soal yang ditambahkan.
  • Anda bisa menyesuaikan tema dan subtema dengan kurikulum yang sedang berjalan di sekolah Anda.
  • Pastikan untuk menyesuaikan tingkat kesulitan soal dengan kemampuan rata-rata siswa kelas 4 SD.
  • Untuk membuat soal yang lebih lengkap dan mencakup lebih banyak variasi, Anda bisa menambahkan mata pelajaran lain yang terintegrasi dalam tema tersebut (misalnya SBdP – Seni Budaya dan Prakarya) atau memperluas cakupan pertanyaan di setiap mata pelajaran.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *